Home » » Puncak HSN di DIY, Gunungan Daun Jati Warnai Gerebeg Santri

Puncak HSN di DIY, Gunungan Daun Jati Warnai Gerebeg Santri

Gunungan juga meriahkan grebeg santri. 
Yogyakarta, FIMNY.or.id -- Rangkaian peringatan hari santri nasional (HSN) 2017 Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Daerah Istimewa Yogyakarta (PWNU DIY)  berlangsung meriah Minggu (29/10) sore.

Sebagai acara puncak, HSN di DIY diwarnai Kirab Gerebeg Santri. Kirab ini terlaksana di sepanjang Jalan Malioboro dengan titik start dari Gedung DPRD DIY dan finish di Alun-Alun Utara. Peserta kirab terdiri perwakilan pesantren yang ada di DIY.  Total ada 33 kafilah yang ikut dalam kirab Gerebeg Santri tahun ini.

Beragam hal unik yang ditampilkan peserta sebagai koreografi dan kreatifitas, salahsatu diantaranya gunungan tumpeng ukuran jumbo yang dibuat dengan daun jati.

Banyak elemen yang ikut ramaikan jadi peserta, mayoritasnya dari pondok pesantren serta Lembaga dan Banom NU se-DIY.

Perwakilan pesantren antara lain Ulul Albab, Nurul Ummah Putri, Nurul Ummahat, Hidayatul Mubtadi-ien, Albaroqah, Al Munnawir dan Ali Maksum, Al Imdad, Nurul Iman, Nurul Haromain, As Salafiyah, Aswaja Nusantara, Sunan Pandanaran, dan Al Mumtaz.

Selain pesantren, ada juga perwakilan dari elemen organisasi dibawah NU. Seperti Muslimat, GP Ansor, Banser, IPNU, IPPNU, PMII, Pagar Nusa, LP Maarif, LAKPESDAM dan lain-lain. "Jumlah Peserta kirab sekitar 3 ribu orang," ujar Ketua Panitia HSN DIY KH Muhammad Labib.

Dijelaskan Labib para peserta kirab tidak hanya berjalan menyusuri Jalan Malioboro saja. Setiap kafilah kirab, juga mengusung tema dan dipentaskan sepanjang perjalanan. "Tema yang diusung antara lain keberagaman, kebhinnekaan, tokoh NU dan dunia serta menampilkan kesenian khas pesantren," ungkap Labib. **

0 komentar:

Posting Komentar