Home » » Mengenal Sekilas Tentang Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo

Mengenal Sekilas Tentang Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo

Yogyakarta, FIMNY.org – Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo adalah lembaga pendidikan non formal yang bertujuan untuk mencetak generasi islam yang berakhlaqul karimah berwawasan luas serta mempunyai pengetahuan agama secara mendalam serta menguasai ilmu nahwu shorof sebagai bekal untuk menguasai kitab warisan para ulama.

Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo beralamat di Jalan Balirejo UH II/531 A RT 52/05, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kode Pos 55167, Telepon 0274-543103.

Berdirinya Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo didasari semangat untuk ikut berperan dalam menjaga moral bangsa dan sebagai upaya meneruskan perjuangan para ulama terdahulu dan agar generasi-generasi kedepannya mempunyai moral yang baik serta dapat menularkannya lagi kegenerasi berikutnya.

“Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo mempunyai Visi dan Misi yang jelas untuk untuk pengembangan generasi indonesia. “Visi Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo adalah Menjadi lembaga tafaqquh fiddin yang mampu mencetak generasi yang berwawasan luas dan berakhlaqul karimah, dan Misi Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo yaitu, Pertama, Menyelenggarakan pendidikan Tahfidzul Qur’an dan Madrasah Diniyyah, Kedua, Membekali santri dengan wawasan keilmuwan dan kemasyarakatan berbasis Teknologi Informasi, dan Ketiga, Menyelenggarakan pembinaan ruhani dan pembangunan karakter”, ungkap Pimpinan Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta, Bapak Ustad H. Ahmad Yubaidi, S.H., S.Pd., CN., M.H., saat ditemui FIMNY.org di Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo beberapa waktu lalu.

Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo dalam gerak langkahnya untuk para santri, menyediakan Program Unggulan seperti, Pertama, Program Unggulan Tahfidzul Qur’an, Program pendidikan Tahfidzul Qur’an yang disediakan diperuntukan bagi santri yang berkeinginan untuk menghafalkan Al-Qur’an. Kedua, Program Unggulan Madrasah Diniyyah, Program ini diperuntukan bagi santri non tahfidz dengan menitikberatkan pada penguasaan ilmu ilmu ke-Islaman dan ilmu alat (nahwu shorof) sebagai bekal dalam membaca dan menganalisis kitab kuning.

“Program Unggulan Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo diantaranya Tahfidzul Qur’an dan Madrasah diniyyah”, tegas Pimpinan Pondok Pesantern Ulul Albab Balirejo Yogyakarta, Ustad H. Ahmad Yubaidi, S.H., S.Pd., CN., M.H.

Selain Program Unggulan, Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta juga mempunyai Program Pendukung untuk para santri, baik santri tahfidz ataupun non tahfidz yang meliputi : Pertama, Program Mujahadah, Kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh santri sebagai “riyadhoh” dan upaya untuk Taqorrub Ilallah sebagai sarana untuk mewujudkan santri yang berakhaqul karimah. Mujahadah di Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo diantaranya, Mujahadah Ba’da Maghrib, Istighotsah Ahad Pagi, Mujahadah Selapanan dan riyadhoh lain sesuai dengan kebutuhan Santri Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo.

Kedua, Program Pengkajian Kitab Salaf/Kuning; Kajian kitab yang diperuntukan seluruh santri baik Tahfidz dan non tahfidz yang meliputi, Pengkajian Kitab Attibyan Fi Adabi Hamlatil Qur’an, Pengkajian Nashoihul Ibad, Pengkajian Hujjah Ahlusunnah Wal Jama’ah, dan lain sebagainya. Ketiga, Program Tilawatul Qur’an, untuk mengetahui sejauh mana para santri mampu bersaing secara sehat untuk menakar sebesar mana tingkat memahamannya dalam membaca Al-Qur’an.

Keempat, Program Maulid Simtudduror, Dilaksanakan setiap malam kamis di komplek Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo. Kelima, Program Khitobiyah (Pidato), diberikan kepada santri secara berkala, sebagai upaya membekali dan melatih santri dengan teknik menyampaikan mauidzotul hasanah dalam rangka mencetak da’i/da’iah sebagai penerus para ulama di negeri ini.

Keenam, Program Pelatihan Informasi dan Technologi (IT), Pelatihan IT dimaksudkan untuk membekali santri dalam memanfaatkan kecanggihan tehnologi yang meliputi kemampuan penggunaan komputer dan pemanfaatan internet. Ketujuh, Program Pelatihan Ilmu Kemasyarakatan (Tahlil, Mujahadah, Khutbah, MC, dan lain-lain. Pelatihan ilmu kemasyarakatan di berikan secara berkelanjutan sebagai bekal dalam kehidupan bermasyarakat. Kedelapan, Program Hadroh, kegiatan ini merupakan kegiatan positif sebagaisalahsatu cara alternatif dalam penyebaran agama dengan cara bermusik (Hadroh).

Lebih lanjut Pimpinan Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo mengatakan, “Program Pendukung Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo diantaranya,  Mujahadah; Pengkajian Kitab Salaf/Kuning; Tilawatul Qur’an; Maulid Simtudduror; Khitobiyah (Pidato); Pelatihan ilmu kemasyarakatan (tahlil, Mujahadah, Khutbah, MC dll); Pelatihan IT; dan Hadroh”, cetus H. Ahmad Yubaidi.

“Memutuskan diri untuk nyantri di Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo tidak akan mengganggu aktifitas kuliah bagi mahasiswa yang masih kuliah, jadi bagi santri ini malah akan menjadi nilai lebih agar bisa mengembangkan dirinya dari ilmu-ilmu Agama untuk bisa membentengi dirinya”, lanjut H. Ahmad Yubaidi berucap.

“Sebelum tempat ini dijadikan Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo, tempat ini bermula dijadikan kos-kosan untuk para mahasiswa, karena hati saya tergerak untuk mengharuskan melakukan sesuatu untuk berguna dan bermanfaat bagi umat manusia, jadi saya memutuskan merubah tempat ini menjadi sebuah Pondok Pesantren”, ungkap Bapak Ustad H. Ahmad Yubaidi, S.H., S.Pd., CN., M.H.

Syarat Pendaftaran

Untuk menjadi santri di Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo, setidaknya harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut, “Pertama, Calon santri datang ke tempat pendaftaran dengan diantar oleh orang tua/wali dan sowan kepada pengasuh; Kedua, Sanggup mentaati Qonun/peraturan Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo; Ketiga, sanggup memenuhi administrasi/keuangan yang telah ditentukan dalam Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo; Keempat, Wali santri mengisi surat perjanjian bersama dan menunjukkan identitas diri (KTP/SIM)”, itulah syarat-syarat seperti yang tertuang dalam Brosur Informasi Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta.

Administrasi Pendaftaran
“Untuk menjadi santri di Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo, selain harus memenuhi syarat-syarat seperti yang tertuang diatas, ada juga administrasi yang harus dipenuhi, seperti sebagai berikut, “Pertama, Mengisi formulir pendaftaran rangkap dua; Kedua, Menyerahkan pas photo berwarna 3x4 (dua lembar) berkopyah untuk putra dan berjilbab untuk putri; dan Ketiga, Menyerahkan photo copy identitas diri/surat keterangan yang masih berlaku”, seperti yang tertuang dalam Brosur Informasi Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta.

Peta Lokasi Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo

0 komentar:

Posting Komentar