Home » » Mengenal Organisasi Kedaerahan FSM-KMY

Mengenal Organisasi Kedaerahan FSM-KMY

 Yogyakarta, FIMNY.org – Yogyakarta merupakan daerah yang terkenal dengan selogannya sebagai Kota Pelajar, tidak bisa dinafikkan banyak tokoh-tokoh nasional yang telah lahir dari hasil didikan di kota pendidikan ini. Di kota Gudeg Yogyakarta terdapat beribu-ribu organisasi, ada organisasi kepemudaan, organisasi intra kampus, organisasi ekstra kampus, organisasi kedaerahan, dan berbagai macam bentuk organisasi lainnya. Organisasi-organisasi kedaerahan menjamur di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, karena Yogyakarta dikenal dengan miniatur Indonesia (gambaran kecil dari Indonesia), karena di Yogyakarta banyak bersebaran mahasiswa/masyarakat dari berbagai macam daerah. Salahsatu organisasi kedaerahan di Yogyakarta yakni organisasi Forum Silaturrahmi Mahasiswa Keluarga Madura Yogyakarta (FSM-KMY).

Forum Silaturrahmi Mahasiswa Keluarga Madura Yogyakarta (FSM-KMY) pada periode sebelumnya mempunyai nama Forum Silaturrahim Keluarga Mahasiswa Madura Jogjakarta (FS-KMMJ), yang mana kala itu diketuai atau dipimpin oleh Abdul Khafi Syatra. Sesuai informasi dari status facebook resmi “FSM Madura Yogyakarta” yang ditulis pada Tanggal 28 Agustus 2014, bahwasannya akan diadakan Kongres Ke-XIII pada hari Sabtu, tanggal 30 Agustus 2014, jam 08.00 (pagi) sampai selesai, yang bertempat di Aula Kampus Universitas Proklamasi 45 Babarsari, dan dilanjutkan lagi satu minggu setelahnya, berakhir Pada Tanggal 7 September 2014.

Pada hasil Kongres Ke-XIII Tanggal 7 September 2014 itulah nama organisasi Forum Silaturrahim Keluarga Mahasiswa Madura Jogjakarta (FS-KMMJ) diganti dengan Forum Silaturrahmi Mahasiswa Keluarga Madura Yogyakarta (FSM-KMY), dan terpilihlah saudara Syamsuddin Efendi Djuhri, mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai ketua baru yang akan memimpin organisasi Forum Silaturrahmi Mahasiswa Keluarga Madura Yogyakarta (FSM-KMY) satu periode kedepan.

“Pada periode sebelumnya dipimpin oleh Abdul Khafi Syatra, dan pada hasil kongres Ke-XIII Tanggal 7 September 2014 sahabat-sahabat mempercayakan saya (Syamsuddin Efendi Djuhri, red) untuk memimpin Forum Silaturrahmi Mahasiswa Keluarga Madura Yogyakarta (FSM-KMY) satu periode kedepan”, ungkap Ketua Forum Silaturrahmi Mahasiswa Keluarga Madura Yogyakarta (FSM-KMY), Syamsuddin Efendi Djuhri, melalui siaran persnya yang diterima FIMNY.org pada Tanggal 19 September 2014.

Forum Silaturrahmi Mahasiswa Keluarga Madura Yogyakarta (FSM-KMY), sebelumnya dengan nama Forum Silaturrahim Keluarga Mahasiswa Madura Jogjakarta (FS-KMMJ), merupakan sebuah organisasi yang berusaha menampung aspirasi anggotanya, juga sebagai wadah aktualisasi diri dalam rangka mengembangkan moralitas dan intelektualitas. Dengan program yang dirumuskan dalam rapat kerja (raker) merupakan usaha untuk memberikan fasilitas kepada semua anggota berupa kegiatan-kegiatan sosial yang berorientasi pada pengembangan skill dalam berbagai bidang, baik internal (pengabdian terhadap daerah) maupun eksternal (transformasi sosial, interaksi sosial dengan masyarakat luar daerah Jogjakarta). Misalnya dialektika kebudayaan sebagai bagian dari elemen bangsa sesuai dengan visi dan misi organisasi, sesuai dengan lansiran “http://fskmmj.wordpress.com”.

Lebih lanjut, sesuai lansiran “http://fskmmj.wordpress.com”, Forum Silaturrahmi Mahasiswa Keluarga Madura Yogyakarta (FSM-KMY), sebelumnya dengan nama Forum Silaturrahim Keluarga Mahasiswa Madura Jogjakarta (FS-KMMJ), merupakan sebagai organisasi pusat yang memiliki fungsi strategis dalam upaya transformasi pengetahuan ke daerah (Madura) yang terbagi atas empat kabupaten. Setiap kabupaten memiliki koordinator daerah (korda) yaitu KMBY (Keluarga Mahasiswa Bangkalan Yogyakarta), KMSY (Keluarga Mahasiswa Sampang Yogyakarta), KMPY (Keluarga Mahasiswa Pamekasan Yogyakarta), dan KMSY (Keluarga Mahasiswa Sumenep Yogyakarta). Secara fungsi keempat korda ini memiliki fungsi taktis dalam rumusan yang telah digodok secara bersama-sama di FS-KMY.

Selain itu, organisasi Forum Silaturrahmi Mahasiswa Keluarga Madura Yogyakarta (FS-KMY), dipayungi oleh organisasi Induk yakni organisasi Keluarga Madura Yogyakarta (KMY). Organisasi Keluarga Madura Yogyakarta (KMY)  itu sendiri memayungi tiga organisasi dibawahnya, diantaranya, yang Pertama organisasi Forum Silaturrahmi Mahasiswa Keluarga Madura Yogyakarta (FSM-KMY), yang Kedua Forum Silaturrahmi Cendikiawan Keluarga Madura Yogyakarta (FSC-KMY), dan yang Ketiga organisasi Forum Silaturrahmi Niagawan Keluarga Madura Yogyakarta (FSN-KMY).

“Organisasi induk Keluarga Madura Yogyakarta (KMY) yang diketuai oleh KH. Ahmad Fadli Fauzi, M.Hum., membawahi Forum Silaturrahmi Mahasiswa Keluarga Madura Yogyakarta (FSM-KMY) yang diketuai oleh saya sendiri (Syamsuddin Efendi Djuhri, red), Forum Silaturrahmi Cendikiawan Keluarga Madura Yogyakarta (FSC-KMY) dengan ketua Dr. KH. Malik Madani, M.A., dan Forum Silaturrahmi Niagawan Keluarga Madura Yogyakarta (FSN-KMY) dengan ketua H. Hasbullah (Abah Udin)”, cetus Syamsuddin Efendi Djuhri.

Salahsatu Kegiatan FSM-KMY

0 komentar:

Posting Komentar