Home » , » Mengenal Organisasi “PSKH UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta”

Mengenal Organisasi “PSKH UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta”

Yogyakarta, FIMNY.org – Yogyakarta merupakan daerah yang terkenal dengan selogannya sebagai Kota Pendidikan, karena banyak tokoh-tokoh nasional yang telah lahir dari hasil didikan di kota gudek ini. Di kota Gudeg Yogyakarta terdapat tiga Universitas Negeri, salahsatu diantaranya adalah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN SUKA). Berbagai macam organisasi lahir di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, baik Baik organisasi Eksternal maupun Organisasi Internal, salahsatu diantaranya adalah organisasi Pusat Studi dan Konsultasi Hukum (PSKH) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Organisasi “Pusat Studi dan Konsultasi Hukum (PSKH) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta” merupakan Organisasi Badan Otonomi Mahasiswa Fakultas (BOMF) yang berkedudukan di  Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dan didirikan pada tanggal 23 Oktober 1991 di Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta yang sekarang bernama Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Organisasi Pusat Studi dan Konsultasi Hukum (PSKH) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berstatus Badan Otonom Mahasiswa Fakultas  (BOMF) Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sesuai dengan bunyi pasal 6 dan pasal 7 Anggaran Dasarnya, Pusat Studi dan Konsultasi Hukum (PSKH) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berasaskan Pancasila dan berbersifat Otonom, Edukatif, Kemahasiswaan dan Sosial Kemasyarakatan. Degan adanya organisasi ini semua mahasiswa yang berada di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bisa mengenal satu sama lain, bisa bercanda tawa dan mengasah khasanah keilmuan, khususnya dibidang hukum dalam satu bingkai yang utuh yaitu dalam bingkai organisasi Pusat Studi dan Konsultasi Hukum (PSKH) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pusat Studi dan Konsultasi Hukum (PSKH) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam gerak langkahnya mempunyai tujuan: “(1) Melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni; Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat; (2) Mewujudkan Tri Karya Perguruan Tinggi: Profesionalisme, Institusional, dan Transpolitisasi; (3) Mengembangkan peran mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum; (4) Menciptakan Masyarakat yang sadar hukum serta memiliki komitmen kepada kemanusiaan dan keadilan”. Selain tujuan yang tertera diatas, Pusat Studi dan Konsultasi Hukum (PSKH) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga mempunyai fungsi diantaranya: “(1) Sebagai wahana Pemberdayaan Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga; (2) Wahana Memperluas Wawasan Hukum; (3) Wahana Mengembangkan keilmuan; (4) Wahana Konsultasi seputar permasalahan hukum; (5) Wahana Pengabdian masyarakat di bidang hukum”.

Sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangganya, Keanggotaan Pusat Studi dan Konsultasi Hukum (PSKH) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah terdiri atas anggota biasa dan anggota istimewa, yang mana Anggota biasa merupakan mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga yang dinyatakan lulus sebagai anggota PSKH dan Anggota istimewa merupakan anggota PSKH yang telah menyelesaikan studinya di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dalam memperlancar roda organisasinya, Pusat Studi dan Konsultasi Hukum (PSKH) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta periode 2012-2013 dipimpin atau diketuai oleh sahabat Helmi. Adapun alamat sekretariatannya yaitu jalan Laksda Adisucipto di lantai 2 gedung Student Center Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

0 komentar:

Posting Komentar