Home » » Mengenal Organisasi Etnis IKPMD Indonesia Yogyakarta

Mengenal Organisasi Etnis IKPMD Indonesia Yogyakarta

Yogyakarta, FIMNY.org –Yogyakarta merupakan daerah yang terkenal dengan selogannya sebagai Kota Pendidikan, karena banyak tokoh-tokoh nasional yang telah lahir dari hasil didikan di kota gudek ini. Berbagai organisasi lahir di kota ini, baik itu Organisasi Mahasiswa (Ormawa), Organisasi Masyararakat (Ormas) maupun Organisasi yang berbasis kedaerahan (organisasi etnis), dalam organisasi etnis itu sendiri terdiri dari kurang lebih ratusan organisasi, yang salah satu organisasi etnis tersebut adalah organisasi “Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Indonesia Yogyakarta yang disingkat IKPMD Indonesia Yogyakarta”.

Sebagai generasi penerus berkewajiban menjadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi,motivasi, dan nilai kesadara dalam bernegara, dan bermasyarakat untukmelakukan segala tindakan guna memperbaiki keadaan yang lebih baik sesuai dengan panggilan sejarah bangsa. Organisasi IKPMD Indonesia Yogyakarta yang dibangun sebagai wadah perekat kesatuan dan persatuan antara pelajar dan mahasiswa daerah Indonesia yang diwakili dari utusan IKPM-IKPM daerah di Yogyakarta,karena pelajar dan mahasiswa merupakan bagian yang tak terpisahkan dari generasi muda, yang memiliki tanggung jawab yang sama dalam penyelenggaraan pembinaan dan pengembangan generasi muda pada umumnya menuju terwujudnya generasi muda yang berkualitas juga turut serta berpartisipasi dan bertanggungjawab untuk melanjutka dan melaksanakan cita-cita pemuda serta mempersiapkan tunas-tunas bangsa yang mandiri, kritis, dinamis, demi tercapainya masa depan yang lebih baik. (Bunyi Pembukaan AD/ART IKPMD Indonesia Yogyakarta).

Organisasi “Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Indonesia Yogyakarta (IKPMD Indonesia Yogyakarta)” merupakan Organisasi yang berbasis kedaerahan (organisasi etnis) yang berkedudukan di  Daerah Istimewa Yogyakarta dan didirikan di Yogyakarta pada Tanggal 8 Februari 2004 untuk yang tidak terbatas.

Sesuai dengan bunyi Pasal 11 Anggaran Dasarnya, Organisasi ini berfungsi sebagai wadah komunikasi bagi Pelajar dan Mahasiswa daerah dari seluruh Indonesia yang berada di Yogyakarta. Jadi mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang berada di Yogyakarta pasti mempunyai perwakilan untuk menjadi pengurus di organisasi ini.

Sesuai dengan bunyi Anggaran Dasar IKPMD Indonesia Yogyakarta BAB II tentang Azas, Sifat dan Kedaulatan, IKPMD Indonesia Yogyakarta berasaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 serta serta bersifat Demokrat, Kedaerahan dengan semangat Kekeluargaan, dan Kedaulatan IKPMD Indonesia Yogyakarta berada di tangan Anggaran IKPM yang diwujudkan dengan KONGRES IKPMD Indonesia. Degan adanya organisasi ini semua pelajar mahasiswa di seluruh penjuru Indonesia yang berada di kota Yogyakarta bisa mengenal satu sama lain, bisa bercanda tawa dan mengasah khasanah keilmuannya dalam satu bingkai yang utuh yaitu dalam bingkai organisasi IKPMD Indonesia Yogyakarta.

lebih lanjut bunyi dalam Anggaran Dasarnya pasal 7 dan pasal 8, IKPMD Indonesia Yogyakarta Visi “terciptanyanya komunikasi dilingkup IKPMD Indonesia Yogyakarta dan bermanfaat bagi Pelajar Mahasiswa pada khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya” serta Misi “Untuk menyatukan visi Pelajar Mahasiswa daerah dalam mewujudkan demokrasi dan Mendorong terciptanya sistem Indonesiaan yang berpihak pada masyarakat lokal”.

IKPMD Indonesia Yogyakarta bertujuan untuk terbinanya Persatuan dan Kesatuan mahasiswa daerah yang berlandaskan pluralitas serta mengakui adanya nilai-nilai local. Dalam memperlancar roda organisasinya, IKPMD Indonesia Yogyakarta periode 2013-2014 dipimpin atau diketuai oleh sahabat Munajar yang berasal dari Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat, adapun periode sebelumnya IKPMD Indonesia Yogyakarta dipimpin oleh Abdul Rahim.

0 komentar:

Posting Komentar