Home » , » Keunikan Bombo Ncera (Wisata Alam Air Terjun Kabupaten Bima)

Keunikan Bombo Ncera (Wisata Alam Air Terjun Kabupaten Bima)

Bima, FIMNY.org – Jika selama ini pesona kawasan wisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) identik dengan keindahan alam dan kawasan pesisir pantai di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Tapi tahukah anda pecinta wisata selain wisata pulau terdapat banyak wisata alam yang begitu pesona yang ada di pulau Sumbawa salah satu wisata alam Bombo Ncera yang menjadi aset Desa Ncera Kecamatan Belo Kabupaten Bima.

Bombo Ncera atau tepatnya di Desa Ncera  merupakan salah satu obyek wisata alam menarik di Kabupaten Bima yang dikuncungi oleh wisatawan Daerah sekitarnya. Lokasinya sekitar 45 km dari Kota Bima Terdapat di Desa Ncera Kecamatan Belo Kabupaten BIMA Propinsi NTB Airnya hijau dan sejuk.
Para wisatawan kontemporer melihat kondisi atau tempat para peminat wisata pantai yang akhir-akhir ini kurang nyaman dan sejuk, disamping juga kurang untuk berteduh maka para wisatawan daerah, wisatawan asing atau mancanegara sedikit-sedikit lebih memilih obyek wisata Alam yang menjadi tujuan utama untuk di kunjungi. Wisata alam mempunyai kelebihan tersendiri untuk menyenangkan diri. 

Para wisata Bombo Ncera mempunyai beberapa air terjun yang ketinggiannya mencapai sekitar 5 meter, sehingga sebelum masuk kita Pemandangan alam yang sangat menakjubkan dan Dam yang sangat luas. Tempat ini memiliki keunikan tersendiri selain air terjun yang banyak tapi juga memiliki terdapat kolam renang alami yang berdinding batu alam dan tebing mulai dari tingkat dewasa sampai anak-anak yang terdapat di atapnya banyak pohon rindang. Kolam-kolam tersebut terbagi dalam beberapa kategori disesuaikan dengan umur, atau kemahiran dalam berenang antara lain :

1.    Bombo To’i (Bombo Kecil), yaitu tempat mandi anak-anak, 
2.    Bombo Woha (Bombo Tengah) tempat mandi para muda mudi yang belum mahir berenang atau unyuk memulai belajar, karena kolam ini airnya hanya sebahu orang dewasa atau 1 Meter, kemudian 

3.    Bombo Na’e (Bombo Besar) tempat mandi orang-orang yang sudah mahir berenang atau untuk yang dewasa. Bombo Na’e merupakan kolam paling besar yang lebarnya sekitar 4 m dan panjangnya sekitar 10 m. Dulu sekitar Tahun 1980an Bombo Na’e adalah kolam paling digemari oleh anak-anak muda, karena biasanya disinilah ajang adu terjun atu pantun Bima dilakukan. 

Biasanya kalau ada yang lagi kasmaran atau ada yang berebutan pacar mereka saling “Patu Cambe” satu sama lain, tapi setelah melakukan itu mereka tetap mandi bersama dalam kolam itu tanpa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, akan tetapi saat ini kebiasaan itu semakin memudar seiring perkembangan jaman.

Untuk mencapai obyek wisata Bombo Ncera kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jadi apalagi yang kita tunggu, bila mana ingin berkunjung ke wisata alam Bombo Ncera, yuuk segera bergegas dan rasakan sendiri suguhan pemandangan yang tidak akan pernah bisa terlupakan.



0 komentar:

Posting Komentar